Review Elder Scrolls V – Skyrim : Ini Baru Open – World !

Review Elder Scrolls V – Skyrim : Ini Baru Open – World !

Apa itu open – world ? open – world adalah konten sebuah game dimana pemainnya bebas menjelajahi area yang ada di game tersebut. Biasanya di area sebuah game tersebut terdapat beragam aktivitas yang bisa di lakukan untuk misalnya menambah exp. Atau uang. Namun fitur open – world ini sendiri merupakan salah satu fitur unggulan pada game – game saat ini karena di dalam game open – world, pemain akan merasa kalau dirinya bisa melakukan apa saja di dalam dunia virtual tersebut. Lantas, apa yang membuat Skyrim menjadi game open – world yang sesungguhnya ?.

Cerita dimulai ketika anda yang seorang tahanan akan dibawa ke sebuah desa bernama Helgen untuk dieksekusi. Menjelang dieksekusi, salah satu naga yang hanya dikisahkan dalam dongeng pun muncul dan seperti hendak berniat “membantu” anda dalam melarikan diri dari eksekusi. Lalu tak disangka – sangka, seseorang yang menjadi “teman” selama eksekusi anda berlangsung tersebut merupakan orang sangat penting yang berusaha mengembalikan kemerdekaan di dunia Skyrim. Kenapa naga ini tiba – tiba muncul ? kenapa anda menjadi tahanan ? apa yang sebenarnya terjadi di Skyrim ?

Sebenarnya sinopsis di atas merupakan sinopsis yang cukup pendek untuk game dengan lore cerita yang kuat seperti Skyrim. Jujur saja saat ini saya belum menamatkan game ini karena saking banyaknya quest yang ada sampai – sampai saya masih bingung untuk memilih quest mana yang akan diselesaikan.

Karena game ini masih menggunakan BryoEngine, jadi jangan heran kalau game ini mempunyai kemiripan dengan game Fallout dan Oblivion karena menggunakan engine yang sama. Dari segi grafik nya pun saya boleh bilang tidak terlalu bagus mengingat ini adalah game open – world yang mengusung dunia yang luas jadi hampir mustahil untuk mendempul kedua sisi baik quest maupun grafik. Quest yang hadir di Skyrim ini sendiri bukanlah Quest kacangan yang gampang dilupakan. Walaupun juga ada quest – quest ringan yang menyuruh untuk anda untuk sekedar membasmi markas bandit liar, namun juga ada quest yang membuat anda merubah wujud anda menjadi manusia setengah serigala ataupun juga Vampire !! (GGS-Ganteng-Ganteng Skyrim) gameplay yang dihadirkan disini juga bukanlah game action RPG biasa. Anda juga harus memikirkan betul karakter apa yang akan anda bangun. Jangan sampai anda ingin membuat karakter magician namun justru meningkatkan Stamina yang notabene merupakan skill untuk Attacker. Lalu jika anda mempunyai senjata dan menggunakannya secara terus menerus, maka lama kelamaan skill penggunaan anda terhadap senjata tersebut juga akan meningkat. Sebagai contoh : anda merupakan karakter yang selalu membawa tameng dan pedang di sisi kanan, maka skill yang mempunyai nilai yang besar adalah blocking dan one-handed. Namun jika anda merupakan karakter yang sering menggunakan pedang bertangan dua, maka nilai skill two-handed anda mempunyai nilai yang besar daripada skill yang lain.


Secara keseluruhan. Game Skyrim ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai jiwa petualang dan jiwa pemberani. Sekian. Wassalam…
Share on Google Plus

About Dimas Khadafi

0 komentar:

Posting Komentar